Thursday, May 9, 2013

Siklus Tahunan Harga Pasar Ayam Hias

Sahabat Saung Ayam Hias Bogor,
Yang namanya ayam hias, burung kicau, ikan hias, dan sebangsanya merupakan kebutuhan nomor sekian dibanding dengan kebutuhan rumah tangga lainnya.
Kecuali yang bener-bener hobi yang kadang-kadang disebut penggila ... barangkali secara umum lebih banyak yang sekedar hobi saja.
Jumlah yang bener-bener hobi, yang rela membelanjakan uangnya dalam jumlah relatif besar untuk hobinya jauh lebih kecil dibanding dengan golongan kedua yang membelanjakan uangnya untuk "hobi" mereka sekedarnya saja.
Ketika tuntutan pembelanjaan rumah tangga tersedot ke arah yang lebih penting seperti kebutuhan untuk pendidikan dan atau kebutuhan hari raya, maka otomatis pembelanjaan untuk "hobi" nya menjadi berkurang atau tidak sama sekali. Jadi ..... sekitar bulan Mei - Juni - Juli, yaitu bulan-bulan di mana setiap rumh tangga, terutama yang mempunyai anak yang masih sekolah, mereka sedang sibuk-sibuknya memikirkan biaya pendidikan anak-anaknya. 
Maka tak heran kalau pada bulan-bulan itu pasaran ayam hias, burung kicau, ikan hias dan sebangsanya jadi sepi. Begitu pula menjelang hari raya. 
Begitu setiap tahun akan terjadi, apalagi tahun ini masa-masa masuk sekolah dan hari raya Idul Fitri waktunya berdekatan ...
Jadi gak perlu khawatir, gak perlu cemas kalau pemasaran bulan-bulan ini agak tersendat ... itu memang sudah merupakan siklus tahunan ...
Antisipasinya antara lain kurangi stok ayam menjelang siklus tahunan ... sehingga beban biaya menjadi lebih ringan, atau kalau memang ada modal ya belanjalah pada musim itu ... karena biasanya akan banyak yang ditawarkan dengan harga "mumer", atau banyak penawaran berupa paket yang harganya lumayan murah  ... didiskon pula ...
Bagaimana dengan anda ....?


No comments:

Post a Comment