Saturday, May 11, 2013

Memelihara ayam batik emas




Sahabat saung ayam hias bogor, jenis ayam batik kanada gold atau sering juga disebut ayam batik emas ini masih memiliki harga jual yang lumayan tinggi, untuk sepasang ayam dewasa harganya masih di atas 500 ribu rupiah. Bagi sahabat yang ingin mengembangkan hobi menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan ada baiknya dicoba membudidayakan jenis ayam ini. 
Untuk model berternak secara besar-besaran sebaiknya menggunakan sistem semi intensit, yaitu ayam kita tempatkan pada kandang yang mempunyai lahan umbaran sehingga ayam bisa bebas berkeliaran dan kita pun bisa menikmati keindahannya. Dengan sistim ini ayam pun terhindar dari kelumpuhan.
 Perbandingan antara jantan dan betina bisa 1 ekor jantan berbanding 10 ekor betina, karena secara alami  pejantan ayam jenis ini mampu membuahi  10 ekor betina. Namun untuk hasil yang lebih memuaskan sebaiknya kita gunakan perbandingan 1 : 5 atau 6 ekor per kandang.
Ukuran kandang, tinggi jangan kurang dari 60 cm. luas kandang disesuaikan dengan l;ahan yang kita miliki dengan kapasitas 5-6 ekor untuk per meter persegi. Kandang harus benar-benar bersih dan kering, selain untuk menjaga kesehatan ternak kita, hal ini juga akan berpengaruh terhadap kecemerlangan bulu,a, terlebih karena keistimewaan ayam batik emas ini adalah pada keindahan warna bulunya.
Untuk bibit, pilihlah yang corak batiknya jelas dan kontras, khusus pada ayam  jantan perhatikan ayam jenis ini tidak memiliki bulu leher yang panjang dan ekornya berbentuk kipas, dan tidak ada bulu panjang pada ekornya.. Kadang kita menemui jantan yang berjengger wilah, untuk hal ini saya lebih menyenangi jantan yang berjengger ros.
Kandang pengeraman, harus dipisahkan dengan kandang tempat peristirahatan ayam, untuk menghindari  gangguan dari  ayam-ayam  lain.
Pakan sebaiknya menggunakan layer yang diselingi irisan sayuran-sayuran hijauan berupa daun kol, daun kangkung, dsb. yang berguna untuk menjaga kesehatannya. Dan jangan lupa, memberi tambahan vitamin secukupnya.
selamat mencoba ....

3 comments: