Thursday, May 16, 2013

Kandang Ayam Hias


Sahabat saung ayam hias Bogor, kandang merupakan unsur penting dalam menentukan keberhasilan suatu usaha peternakan. Tidak terkecuali untuk sahabat yang ingin mengembangkan hobinya terhadap ayam hias ke arah usaha ternak ayam hias. Oleh sebab itu kandang harus memenuhi berbagai syarat yang dapat menjamin kesehatan serta pertumbuhan yang baik bagi ayam hias yang dipelihara, sehingga ayam-ayam kita dapat berproduksi sesuai harapan.

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang ayam a.l.
·         Bentuk kandang dan kondisi tempat,
·         keadaan tanah, 
·         jenis ayam yang akan dipelihara,
·         bahan bangunan kandang,
·         dan biaya.
 Semua hal diatas saling behubungan satu sama lain, kalau kita dapat mensinkronkannya, akan kita peroleh kandang yang sesuai dengan harapan kita.
 Bentuk kandang dan kondisi tempat.
Biasanya usaha ternak ayam hias adalah memanfaatkan sedikit ruang yang tersisa di sekitar rumah kita. Untuk lahan yang cukup luas kita bisa membuat kandang semi intensif. Tapi kalau lahan kita sempit, mau tidak mau kita harus menggunakan kandang system intenfsif. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bentuk kandang yang kita pilih harus memberi rasa nyaman kepada kita dan keluarga. Terlebih juga kepada tetangga kita. Bisa jadi karena kita salah memilih bentuk kandang, sehingga menimbulkan dampak kotor, bau, bising, dsb. maka yang pertama protes adalah anggota keluarga kita. Masih untung kalau tetangga tidak ikut protes…
Jadi untuk lahan sempit, namun kita ingin memelihara cukup banyak ayam, ya bikinlah kandang yang sesuai dengan luas lahan yang tersedia, dan letaknya tidak terlalu dekat dengan rumah kita.
Satuan ruang kandang yang bisa kita bikin, untuk ayam jenis besar adalah  80 x 60  x 60 cm, cukup untuk sepasang ayam ketawa dewasa untuk tujuan breeder (pembibitan), untuk ayam jenis kecil bisa kita pakai ukuran 60 x 60 x 60 cm. Lantai kandang kita isi dengan sekam, dijamin tidak akan bau …
 Dengan ukuran itu kita bisa membikin kandang sekaligus 8 kandang, seperti sketsa di bawah ini :
                                      
Bandingkan dengan lahan yang anda miliki, berapa kandang yang bisa anda bikin?
Uraian tentang Keadaan tanah dst…. Kita lanjutkan pada tulisan berikut.

No comments:

Post a Comment