Friday, May 10, 2013

Kenapa Ayam Saya Sakit?


Kenapa ayam saya sakit? Penyebab yang utama adalah karena kondisi badannya yang lemah. Kenapa lemah? Karena situasi lingkungannya tidak nyaman, pakannya tidak cocok atau kurang memadai, dan banyak lagi penyebab ayam sakit selain karena bibit penyakit.
Oleh karena itu yang perlu kita ketahui pertama adalah apa penyebab ayam kita sakit. Percuma kita obati.kalau kemudian penyebab sakitnya tidak kita perbaiki.
Lingkungan kandang berupa kebisingan, banyak orang  lalu lalang, dan bentuk gangguan lainnya bisa membikin ayam kita tidak nyaman.
Pergantian cuaca juga bisa jadi penyebab ayam hias kita stress. Suhu yang terlalu panas, atau terlalu dingin, atau  suhu yang berubah cepat dari panas ke dingin dan sebaliknya.
Kandang yang sempit, kotor, lembab, dan bau, juga bisa menyebabkan ayam kita lemah, kemudian sakit.
Sepertihalnya kita, kalau berada terus menerus dalam lingkungan yang tidak nyaman, kita akan merasa lelah. Rasa lelah yang terus menerus akan membikin badan menjadi lemah dan akhirnya sakit. Begitu pula ayam hias kita.
Jadi, jangan berpikir bagaimana mengobati tapi yang penting bagaimana mencegah supaya ayam kita tidak sakit. Perbaikilah lingkungan hidupnya sehingga ayam jadi nyaman.
Hal berikutnya adalah pakan dan air minum ayam hias kita. Pakan basi, sudah berjamur, dsb. Air minum yang berhari-hari tidak diganti bisa juga jadi penyebab ayam hias kita sakit. Belilah pakan yang masih segar atau masih baru. Untuk mengetahuinya ambil sejumput pakan, rasakan dengan tangan apakah pakan itu cukup kering, cium baunya apakah masih segar. Kalau lembab atau setengah basah dan atau baunya sudah berubah, jangan beli pakan itu. Belilah pakan di pedagang yang laris, karena cepat habis maka pakannya akan baru terus.
Tempat pakan dan tempat minum yang kotor, berhari-hari tidak dicuci, adalah sumber penyakit bagi ayam hias kita. Cucilah tempat pakan dan tempat minum setiap hari. Supaya tidak repot pilihlah tempat pakan dan tempat minum yang praktis sehingga mudah mengambilnya dari kandang dan mudah membersihkannya.
Jadi faktor lingkungan yang kurang mendukung, pakan ayam yang buruk  menyebabkan ketahanan fisik ayam  lemah.
Terakhir,  jaga kebersihan lingkungan di sekitar kandang sehingga kelihatan indah, nyaman dan tidak bau. Ini penting sekali karena akan berdampak kepada kesehatan kita dan keluarga, terutama kandang yang berdekatan dengan rumah.
Demikian sahabat saung ayam hias bogor, sedikit gambaran tentang kesehatan ayam hias kesayangan kita dan dampaknya tentu saja bagi kesehatan kita juga sebagai orang yang selalu berhubungan dengan ayam-ayam itu, bahkan juga bisa berdampak kepada keluarga kita.
Hobi adalah satu kesenangan yang kita harapkan menjadi pelepas lelah setelah kita beraktifitas. Apa jadinya kalau hobi kita malah jadi penyebab kita mendapat masalah???

1 comment:

  1. ayo bagi yg suka maen judi ayam on line www.sabung ayam.com
    di bolavita tempat nya banyak sekali bonus2 menarik
    dan game2 on line terlengakap se indonesia
    dengan pelayanan 24 jam yg sangat ramah

    ayo segera daftar dan buktikan sendiri
    info lbh lanjut:

    whatup : +62812-2222-995

    ReplyDelete