Sunday, May 12, 2013

Kandang Semi Intensif

Sahabat Saung Ayam Hias Bogor, kandang semi intensif,  disebut juga kandang sistem ren, adalah kandang yang dilengkapi dengan lahan pekarangan untuk umbaran. Keuntungan kandang sistem ini adalah ayam bisa bergerak leluasa sehingga pergerakan ayam bisa maksimal layaknya di alam bebas. Dengan catatan, lahan umbaran harus kering, bersih, dan cukup  teduh. oleh karena itu di sekitar kandang harus ditanam pohon yang dapat meneduhi tempat umbaran terutama pada siang hari menuju sore. Oleh karena itu sebaiknya kandang menghadap ke arah timur. Seperti kita lihat pada sketsa di bawah ini :


Ukuran pada contoh ini tidak mengikat, anda bisa membuat sesuai dengan keadaan lahan, paling tidak dengan perbandingan yang mendekati ukuran efektif seperti di atas. Untuk contoh sketsa di atas diasumsikan telur ayam diambil setiap hari, maka tempat bertelur ditempatkan di bagian belakang kandang. Untuk model yang telurnya dierami oleh induknya masing -masing, di dalam kandang harus disediakan sarang tempat bertelur dan mengeram. Jumlah tempat mengeram sebaiknya sama dengan jumlah ayam betina. Kandang dengan ukuran 1 x 2 m ini bisa menampung 10 ekor ayam dengan perbandingan 1 jantan 9 betina untuk jenis ayam kecil, atau 1 ekor jantan dengan 5 betina untuk ayam jenis besar. Untuk kandang yang dilengkapi dengan tempat mengeram di dalamnya, sebaiknya kapasitas kandang dikurangi, agar tidak mengganggu ayam-ayam yang sedang mengeram. Prinsipnya semakin luas kandang semakin baik.


Tinggi kandang jangan kurang dari 60 cm, untuk kandang model ini tinggi kandang disesuaikan dengan tinggi pagar. Kegunaan pagar adalah untuk menghindari ayam terbang ke luar lahan aburan, maka tinggi pagar disesuaikan dengan kebutuhan itu, biasanya tinggi pagar adalah 1,5 - 2 m. Agar tanah di lahan aburan selalu kering, maka permukaan tanah dibuat miring ke arah pintu pagar, sehingga air tidak tergenang. dan ingat, usahakan tanah di sekitar kandang lebih tinggi dari tanah lainnya, sehingga kalau terjadi hujan air tidak menggenangi kandang dan lahan aburannya. Perhatikan sketsa di atas.
Oh ya, lantai kandang sebaiknya di floor dan selanjutnya diberi alas dengan sekam, dan jangan lupa sediakan tempat bertengger di dalam kandang secukupnya.
Jika lahan kita cukup luas, maka kandang sistem ren ini bisa kita bikin sekaligus 2 - 5 buah, seperti sketsa di bawah ini :


Di sekitar kandang bisa juga dilengkapi dengan  bagunan tempat menyimpan alat-alat, pakan, dsb. sekaligus sediakan tempat untuk mencuci tempat pakan, tempat minum, dan peralatan kandang lainnya.
Demikian sahabat saung ayam hias bogor, untuk sementara hanya ini yang bisa saya sajikan kepada anda mudah-mudahan bisa memberi inspirasi. Sukses !!!

No comments:

Post a Comment