Tuesday, May 28, 2013

konstruksi pintu kandang sederhana

Sahabat Saung Ayam Hias Bogor,

Ini pengalaman saya sendiri, pernah kebingungan bagaimana membuat pintu kandang yng sederhana, mudah dibuka ditutup dan cukup aman (bukan aman dari maling, aman dari tikus aja). Tujuannya selain untuk menghemat bahan (kayu, engsel, dsb) juga yang gampang dibuatnya.
akhirnya inilah model pintu yang saya buat :



Setelah kawat loket terpasang pada rangka kandang, guntinglah kawat untuk membuat lubang pintu sesuai ukuran yang kita inginkan.  Supaya tidak tajam, pinggiran bekas potongan kawat dilipat pada setiap sisinya.

Langkah selanjutnya kita bikin rangka pintu dari belahan bambu sesuai ukuran yang kita inginkan, lalu pasang rangka tersebut ke lubang kawat. Cukup kita ikat rangka pintu dengan kawat tali (perhatikan gambar di atas).
Setelah rangka pintu terpasang, tinggal kita bikin daun pintunya. gunting kawat sesuai ukuran pintu, masing-masing sisi kita beri lebih 1 kotak, tujuannya setiap sisi itu kita lipat sehingga pinggirannya tidak tajam. Supaya mudah mengikatkannya ke rangka pintu, maka bagian atas dan bawah diberi belahan bambu.



Untuk melekatkan pintu ke rangka pintu, cukup pakai karet elastis, ikatkan pada bagian atas daun pintu dan rangka pintu. Selesai sudah pembuatan pintu sederhana. Untuk "mengunci" pintu supaya tidak terbuka, kita ambil belahan bambu, kita sisipkan ke kawat yang kita buat di pinggir kiri dan kanan rangka pintu. Lihat gambar berikut :



Selamat mencoba ........

0 comments:

Post a Comment