Monday, May 13, 2013

SENI PERANG SUN TZU (II)





Siasat untuk Menang

Siasat 6
Berpura-pura menyerang dari timur dan menyeranglah dari barat.
Pada tiap pertempuran, unsur dari sebuah kejutan dapat menghasilkan keuntungan ganda. Bahkan ketika berhadapan langsung dengan musuh, kejutan masih dapat digunakan dengan melakukan penyerangan saat mereka lengah. Untuk melakukannya, anda harus membuat perkiraan akan apa yang ada dalam benak musuh melalui sebuah tipu daya.
Siasat Berhadapan dengan Musuh

Siasat 7
Buatlah sesuatu untuk hal kosong.
Anda menggunakan tipu daya yang sama dua kali. Setelah bereaksi terhadap tipuan pertama dan –biasanya- kedua, musuh akan ragu-ragu untuk bereaksi pada tipuan yang ketiga. Oleh karenanya, tipuan ketiga adalah serangan sebenarnya untuk menangkap musuh saat pertahanannya lemah.

Siasat 8
Perbaiki jalan utama untuk mengambil jalan lain.
Serang musuh dengan dua kekuatan utama. Yang pertama adalah serangan langsung, sesuatu yang sangat jelas dan membuat musuh mempersiapkan pertahanannya. Yang kedua secara tidak langsung, sebuah serangan yang menakutkan, musuh tidak mengira dan membagi kekuatannya sehingga pada saat-saat terakhir mengalami kebingungan dan kekalahan.

Siasat 9
Pantau api yang terbakar sepanjang sungai.
Tunda untuk memasuki wilayah pertempuran sampai seluruh pihak yang bertikai mengalami kelelahan akibat pertempuran yang terjadi antara mereka. Kemudian seranglah dengan kekuatan penuh dan habiskan.

Siasat 10
Pisau tersarung dalam senyuman.
Puji dan ampu
ni musuh anda. Ketika anda mendapat kepercayaan darinya, anda bergerak melawannya secara rahasia.

No comments:

Post a Comment