Monday, May 20, 2013

Mencegah lebih baik daripada mengobati



Kalau kita mendapati ayam kesayangan kita sakit, biasanya kita langsung berfikir bagaimana mengobatinya dan apa obatnya. Namun sebelum kita memberi obat kepada ayam kesayangan kita, perlu terlebih dahulu kita ketahui apa penyebab utama sakitnya ayam kesayangan kita.
Pengobatan adalah jalan kedua dalam menyelesaikan masalah penyakit pada ternak kita, karena jalan yang pertama dan utama adalah pencegahan. Upaya apakah yang bisa kita lakukan untuk mencegah supaya ayam kita tidak sakit? Itu yang harus menjadi perhatian pertama.

Hal-Hal yang Perlu diperhatikan

1.  Kandang dan lingkungan sekitarnya
·         Kandang yang terlalu sempit, kurang ventilasi, atau malah terlalu terbuka, membuat ayam kita tidak nyaman berada di dalamnya.
·         Suhu kandang yang terlalu dingin, atau terlalu panas, juga membuat ayam kita tidak nyaman.
·         Kandang yang kotor, kurang atau malah tidak terawat, juga bisa menjadi penyebab ayam kita sakit.
·         lingkungan yang bising, kotor, dan bau selain mengganggu pada kenyamanan ayam, juga mengganggu kita.

2.  Pakan dan air minum
·         Sepertihalnya kita, ayam pun tidak mau makan makanan yang sudah rusak, basi, dsb. namun karena terpaksa, hanya itu yang kita sajikan, ayam pun makan juga. akibatnya ayam kita jadi sakit. Maka, Hidangkan makanan yang masih segar dan jangan lupa, dalam jumlah yang cukup. karena sisa makanan yang kemudian membusuk bisa menjadi penyebab sakitnya ayam kita.
·         Air minum yang berhari-hari tidak diganti, juga bisa menjadi penyebab ayam kita sakit.
·         Maka bersihkan tempat makan dan tempatg minum ayam setiap hari. Ganti air minumnya setiap hari dengan air yang baru.

3.  Cuaca
·         Pergantian cuaca yang ekstrim bisa mempengaruhi kesehatan ayam kita.
·         Perhatikan letak kandang jangan sampai mudah terpengaruh oleh perubahan lingkungan disekitarnya. Letakkan kandang pada tempat yang agak terlindung, sehingga lebih aman dari p0engaruh perubahan cuaca disekitarnya.

Jika kita merasa hal itu sudah kita laksanakan dengan benar, cek setiap saat apakah ayam-ayam kita sudah cukup nyaman berada di kandangnya, apakah makanan yang kita berikan dimakan habis. Kalau masih tersisa banyak harus dicari tahu penyebabnya. SZituasi dan kondisi tidak selalu sama, jadi diperlukan pengawasan yang terus menerus.
Demikian, yang bisa saya berikan untuk saat ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment