Friday, December 5, 2014

Pengaruh Cuaca terhadap Kesehatan Ayam Hias

Sahabat Saung Ayam Hias Bogor,
Bulan Nopember , Desember, dan Januari adalah masa-masa di mana terjadi perubahan cuaca yang ekstrim yang tentunya akan mempengaruhi kondisi kesehatan ayam-ayam kesayangan kita. Dampak yang bisa dilihat antara lain meningkatnya stress pada ayam yang menyebabkan penurunan daya tahan yang tentu saja akan berpengaruh langsung pada produktivitas telur dan daging serta kesehatan ayam.

Suhu nyaman untuk ayam adalah 25-27°C dengan kelembaban udara 60-70 %.  Bila suhu meningkat sampai 34-35°C dengan kelembaban yang rendah maka ayam akan lebih banyak minum daripada makan. Sehingga pakan yang kita berikan selalu banyak tersisa. Efek dari kurangnya konsumsi pakan dan menungkatnya konsumsi minum  adalah menurunnya produksi pada ayam dewasa, dan menurunnya tingkat pertumbuhan pada anak-anak ayam.

Dengan kelembaban yang tinggi dan meningkatnya ancaman penyakit pada musim pancaroba ini harus diantisipasi dengan cermat. Jangan lupa, bahwa lingkungan sekitar kandang juga bisa menjadi tempat bersarangnya bibit penyakit.

Beberapa langkah antisipasi yang bisa diambil diantaranya :

1.     Untuk pedagang dengan mengurangi stok untuk penjualan, lebih mengutamakan pesanan saja.
2.     Mengurangi kepadatan kandang, sehingga mampu memberikan rasa nyaman pada ayam.
3.     Menambah jumlah tempat pakan dan minum, sehingga untuk makan dan minum ayam tidak harus berebut.
4.     Dengan kandang yang semakin luas juga ayam akan dapat mengeluarkan panas dengan baik dan dapat mengurasi resiko stress.
5.     Pemberian vitamin dan elektrolit. Pemberian vitamin seperti C dan E dapat membantu mengurangi stress, sedangkan pemberian elektrolit akan membantu keseimbangan elektrolit pada ayam pada kondisi apapun sehingga dapat meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh. Saat ini Multivitamin dan elektrolit untuk ayam, dengan berbagai merk, mudah didapat di poultry shop.
6.     Perhatikan kualitas pakan. Untuk mempertahankan stamina menghadapi stress cuaca, salahsatunya adalah mengupayakan supaya ayam tetap makan dengan baik dan cukup.
7.         Perhatikan kebersihan (sanitasi) dan peredaran udara kandang dan sekitarnya. Untuk sanitasi kandang semprotkan desinfektan untuk membunuh bibit penyakit. Disamping itu sirkulasi udara dalam kandang harus baik, yaitu udara dari dalam kandang dapat mengalirdengan baik ke luar kandang pada siang hari, dan hindari udara langsung dan keras dari luar, apalagi di malam hari. Upayakan udara sekitar kandang tetap hangat dan nyaman pada malam hari.

Demikian beberapa tips yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Ingat sahabat, bukan hanya kita yang menginginkan suasana yang nyaman dan makanan yang “enak”, ayam-ayam kesayangan kita pun perlu diperhatikan, terlebih pada cuaca di musim pancaroba seperti ini.


4 comments:

  1. Agen BOLAVITA kini sedang mengadakan banyak Promo Bonus untuk permainan Sabung Ayam.

    Berikut BONUS yang akan diberikan oleh Agen BOLAVITA:
    • Bonus 10% untuk NEW MEMBER
    • Bonus 5% untuk Setiap Harinya
    • Bonus Cashback 5% - 10%
    • Bonus Referral 7% + 2%
    • Bonus Flash Deposit untuk setiap hari jumat, new member dapat akumulasi dengan bonus NEW MEMBER

    Cukup banyak dan menguntungkan bukan?

    Agen BOLAVITA merupakan Agen Judi Terbesar di Indonesia, yang berani membayar kemenangan Anda. Berapapun kemenangan Anda pasti akan dibayar langsung!!!

    Minimal Deposit hanya Rp 50.000 saja, dengan 50.000 saja sudah bisa menangkan sampai ratusan juta Rupiah!!

    Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga di www.bolavita.vip

    Baca juga = Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete