Monday, May 20, 2013

Siapa Mau Memulai Perang?




Perang Dunia III bisa jadi dimulai di kawasan Asia. Untuk memulai perang, kayaknya tidak perlu ada alasan yang kuat. Cukup satu orang gila dan punya kekuasaan serta ambisi yang gila pula maka perang bisa meletus dan meluas. Terlebih di zaman di mana untuk melakukan perang manusia tidak perlu saling berhadapan, tidak perlu saling mendekati. Sehingga pekerjaan "membunuh" bisa dikerjakan dengan leluasa, kayak anak anak sedang main game saja.

Kelihatannya Korea Utara sedang ingin main perang-perangan dengan seterunya Korea Selatan, pasalnya Korut kembali meluncurkan sebuah roket jarak pendeknya ke perairan sebelah timur negeri itu pada hari Minggu (19/5/2013), menyusul kecaman yang dilontarkan negeri tetangga seterunya, Korea Selatan. Padahal kecaman yang dilontarkan "tetangganya" itu lantaran Korut pada Sabtu (18/5/2013) juga meluncurkan tiga roket serupa ke perairan yang sama.

Tentu saja pemerintah Korsel  jadi berang, karena peluru kendali jarak pendek yang diluncurkan itu bisa jadi akan dapat mengenai atau menjangkau wilayahnya, seperti ibu kota Seoul, yang berpenduduk padat sehingga menimbulkan banyak korban jiwa.

Sementara militer Korsel yang dibantu pamannya yang terkenal dengan panggilan "Paman Sam" belakangan ini telah mengembangkan sistem pertahanan yang canggih untuk menghadapi serangan roket-roket Korut. Penguatan itu, katanya, dilakukan setelah terjadinya serangan mematikan artileri Korut pada tahun 2010, yang menghantam pulau berpenduduk, Yeonpyeong, hingga membunuh empat warganya ketika itu.

Kementerian Pertahanan Korsel, Minggu (19/5/2013), membenarkan bahwa pihaknya sudah melakukan penempatan dan pengerahan puluhan sistem rudal Israel dan armada peluncur bergeraknya di kawasan perbatasan sebelah baratnya. Sistem peluncuran rudal canggih dan berpresisi buatan Israel itu memiliki kemampuan daya jangkau radius 12 mil dan dapat menarget sistem persenjataan dan roket-roket Korut, yang terpasang di sepanjang garis pantainya.

Nah lho .... jadi mau perang beneran nih ? Siapa yang mau memulai perang????

No comments:

Post a Comment