Wednesday, May 15, 2013

Bagaiamanakah proses terbentuknya telur?



Sahabat saung ayam hias Bogor ,

Tentu kita akan merasa gembira ketika  kita mendapati sebutir telur tergeletak di sarang ayam kesayangan kita,  tapi tahukan anda bagaimana telur-telur itu diproses di dalam tubuh ayam?

Inilah ceritanya :

Pembentukan telur yang normal, memerlukan waktu berkisar antara 25-26 jam, terdiri atas berbagai tahapan sebagai berikut:

Tahap I: Ovarium
Terbentuknya telur dimulai dengan terbentuknya kuning telur didalam ovarium. Sel telur yang dihasilkan didalam ovarium ini jumlahnya mencapai ribuan dalam berbagai ukuran, diantaranya 4 buah besar dan 1 buah paling besar. Sel telur yang paling besar berwarna keputihan, disebut folikel. Folikel sebagai sel telur yang sudah dewassa tersebut kemudian dilepas secara berurutan.

Tahap II: Infundibulum
Kuning telur yang dilepaskan ovarium diterima oleh infundibulum. Didalam infundibulum, kuning telur tinggal selama 15 menit saja, tanpa adanya penambahan unsur lain.

Tahap III: Magnum
Pada saat kuning telur berada didalam magnum, terjadi penambahan unsur lain, berupa putih telur yang terdiri atas 88% air dan 11% protein. Didalam magnum, kuning telur tinggal selama 3 jam.

Tahap IV: Isthmus
Didalam Isthmus, telur dibungkus 2 buah selaput tipis. Telur tinggal didalam isthmus selama kurang lebih 1,25 jam.

Tahap V: Uterus
Telur yang tinggal didalam uterus selama 20-21 jam. Didalam uterus inilah telur disempurnakan, hingga mendapat cairan putih yang tipis melalui membran secara difusi dan terbungkus oleh bahan keras yang disebut kerabang.

Tahap VI: Kloaka
Telur yang sudah sempurna, dikeluarkan melalui kloaka. Rongga udara telur terbentuk diluar tubuh ayam, yakni 1-2 jam setelah telur tersebut dikeluarkan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan temperatur.

Sistem adalah serangkaian komponen komponen yang saling berinteraksi untuk menghasilkan suatu tujuan tertentu. Jika kita bisa meluangkan sedikit waktu untuk berpikir, dari uraian diatas bisa kita mengambil hikmah bahwa betapa hal yang sangat sederhana disekitar kita tersebut sebenarnya merupakan sebuah sistem yang maha sempurna dari karya sang maha pencipta.

Sungguh tak ada artinya kemampuan dan keahlian yang kita miliki jika dibadingkan sebuah karya yang maha sempurna tersebut.

Demikian, semoga bermanfaat.

Read more:
 http://centralunggas.blogspot.com/search?updated-min=2010-12-31T09:00:00-08:00&updated-max=2011-12-31T09:00:00-08:00&max-results=50#ixzz2TMpqeoFw

1 comment: