Thursday, May 16, 2013

Bagaimana proses pembuahan pada telur



Sahabat saung ayam hias Bogor,
Bertelur merupakan cara alamiah ayam untuk memperbanyak keturunannya. Ayam betina rata-rata dapat menghasilkan sebutir telur setiap pagi,dan jumlah telur yang sudah dibuahi dapat mencapai 15 butir, tergantung. Ayam betina akan mengerami telurnya setelah telur terakhir keluar dari badannya. 

Semakin baik kualitas telur, semakin besar prosentase penetasannya. Baiknya kualitas telur ditentukan oleh pakan ayam betina semasa proses bertelur, dan masa masa pertumbuhan ayam betina sejak DOC. Maka pakan dan perawatan ayam betina amat menentukan kualitas telurnya. Semakin baik pakan dan perawatannya, semakin baik pula mutu telurnya.  
Dibuahi ataupun tidak ayam betina akan tetap bertelur. Bedanya, telur yang tidak dibuahi tidak akan menetas walaupun dierami, maka dikatakan telur infertile (telur yang tidak subur). Telur yang dibuahi dinamakan telur fertile. Lalu bagaimanakah proses pembuahan itu terjadi?

Kuning telur dibentuk dalam tubuh ayam betina oleh sistem perkembangbiakannya sewaktu sedang birahi dan siap untuk dikawini ayam jantan. Sel telur betina (ovum) akan masuk ke dalam kuning telur dan tepat berada di tengah-tengahnya.
Untuk terjadi pembuahan dibutuhkan sel jantan (sperma) yang kuat yang dapat menerobos masuk ke dalam kuning telur sehingga dapat bersatu dengan ovum.

Proses selanjutnya kuning telur ini dilapisi oleh lapisan yang terbuat dari zat fosfoprotein (vitellin), yang berfungsi sebagai bagian pengaman pertama pada pembuahan. Pada saat ini dibentuk pula semacam tambang penyeimbang, yang biasa disebut chalaza, agar kuning telur dapat tepat berada di tengah-tengah lapisan putih telur. Tambang ini berada tepat di bagian ujung atas dan ujung bawah bulatan kuning telur.Kuning telur..
Selanjutnya telur akan diproses seperti dijelaskan pada proses terjadinya telur yang sudah sama kita simak sebelumnya.
Yang masih menjadi pertanyaan berapa kuning telur yang dapat dibuahi dalam sekali perkawinan?
Kita cari informasinya pada kesempatan berikut …
Demikian semoga bermanfaat …

7 comments:

  1. om saya punya ayam kate 2 ayam arab 1 tiap hari bertelur trs... apa telurnya bisa d tetaskan...

    ReplyDelete
  2. Telur yang bisa ditetaskan adalah telur yang dibuahi oleh pejantannya.

    ReplyDelete
  3. Tolong dijawab ya ...
    pada telur ayam memiliki berapa sel ?
    dan bagaimana penjelasanya.

    terima kasih.

    ReplyDelete
  4. tanya kang ... satu kali perkawinan, berapa lama sperma ayam jantan bisa bertahan di dalam tubuh si betina, dan berapa banyak telur yang bisa dibuahi dengan satu kali perkawinan, terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Misalnya satu betina biasanya bertelur 10biji,pembuahan oleh pejantan dilakukan berapa kali supaya telurnya jadi fertil?

    ReplyDelete
  6. Misal ayam jantan dan betina kawin tgl 1. Akan bertelur kira2 tgl brp guys??

    ReplyDelete