Sunday, December 14, 2014

Kesemek buah genit yang selalu tampil berbedak

 Siapa yang tak kenal buah Kesemek?  Kesemek adalah nama sejenis buah dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini).
Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun. Kesemek sekarang sudah sulit dijumpai atau hampir punah.
 
Mengapa buah ini selalu berbedak?
Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar dengan syarat, terlebih dahulu diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang. Itulah sebabnya kenapa buah kesemek selalu tampil berbedak. Bukan Karena GENIT, tapi supaya rasa sepatnya hilang. Buah kesemek juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain.

Dari manakah si buah genit ini berasal?
Jangan dikira, sigenit ini ternyata berasal dari tempat yang jauh, yaitu dari Republik Rakyat Tiongkok, yang kemudian menyebar ke Jepang pada zaman purba dan dikembang biakkan di sana. Belakangan buah ini menyebar ke bagian lain Asia, dan pada masa kolonial pada tahun 1800 an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika (Kalifornia).
Kabarnya, dalam tradisi Tiongkok dan Jepang buah ini cukup penting, sehingga nilai komersialnya tinggi di sana. Kini produksi kesemek secara komersil telah merembet dan meluas sampai ke Selandia Baru,  Australia dan Israel. Di Israel buah ini dinamai sebagai Sharon fruit.
Namun di Indonesia, Malaysia dan Thailand, produksi kesemek umumnya hanya untuk konsumsi local saja. Sumatera Utara, khususnya wilayah Brastagi, pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura; namun kini terhenti karena kualitasnya kalah bagus dengan kesemek produk negara-negara lain.
Tempat-tempat lain di Indonesia yang menghasilkan kesemek di antaranya adalah Jawa Barat dan Jawa Timur. Buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan.


Apa saja Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Kesemek?
Si Buah Genit ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebatnya dengan buah apel. Bahkan untuk kandungan zat-zat tertentu, kesemek lebih hebat daripada buah apel. Misalnya saja, kandungan zat serat dalam sebutir buah kesemek dua kali lebih banyak ketimbang yang ada dalam sebutir apel.
Buah Kesemek selain sering disebut buah genit lantaran suka berbedak, ternyata dia juga punya julukan lain yaitu “apel Jawa”, lantaran bentuknya mirip apel. Dan di balik itu semua, buah kesemek merupakan salah satu alternatif alami untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

             
Beberapa kandungan buah kesemek, yaitu :

  • 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa,
  • 0,7% protein, vitamin A dan kalium.

  • Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker,
  • Phytochemical lutein, betakaroten dan serat.
  • Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.
  • Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna

Dengan kandungan yang demikian, maka si Genit ini mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan yaitu :
1.   Mencegah pengerasan pembuluh darah
2.   Menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal
3.   Mencegah kanker
4.   Menghambat proses penuaan dini
5.   Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.
6.   Menyehatkan paru-paru
7.   Menguatkan limpa
8.   Menjaga agar tubuh tetap langsing
Oleh karena zat serat dalam sebutir kesemek dua kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung dalam sebutir apel. Tentunya sangat baik dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Begitu juga dengan kandungan vitamin dan mineralnya, lagi-lagi kesemek lebih tinggi dari buah apel.


Beberapa Resep Obat Herbal dari Buah Kesemek
1. Penyakit Hipertensi – Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.
2. Penyakit Asma dan batuk berdahak – Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.
3. Sakit perut – Kupaslah satu buah kesemek segar, lalu makan. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.
4. Diare dan disentri – Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah tercampur rata, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari.

Demikian beberapa informasi yang disarikan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

6 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. please dimana alamat lengkap nya?? lagi ngidam buah kesemek susah banget nyari nya sekarang

    ReplyDelete
  3. Braph duit buah kesmek satu kilo nyah

    ReplyDelete
  4. tolong info alamat nya saya mau beli sekarang

    ReplyDelete