Tuesday, May 27, 2014

Peternakan Ramah Lingkungan Semangat Menuju Go Green Indonesia

Oleh Administrator   
Rabu, 26 Juni 2013 14:22
Promosi berbagai inovasi peternakan ramah lingkungan, serta dalam rangka merumuskan kebijakan strategis dan langkah operasional dalam mendukung swasembada daging, telah dilakukan Badan Litbang Pertanian dengan menyelenggarakan Ekspose dan Seminar Nasional Inovasi Peternakan Ramah Lingkungan pada tanggal 19-20 Juni 2012 di Kebun Percobaan (KP) Gowa Sulawesi Selatan. Pembukaan dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Balitbangda Sulawesi Selatan. Dalam sambutannya Gubernur Sulsel memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya ekspose dan seminar nasional peternakan yang dikaitkan dengan isu lingkungan, topik yang diangkat sangat relevan dengan semangat menuju Go Green Indonesia. Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan berharap launching KP Gowa sebagai Breeding Center ternak sapi untuk Indonesia Wilayah Timur dapat segera dipercepat mengingat letak yang cukup strategis serta agrosistem Provinsi Sulsel sangat mendukung didalam penyediaan ternak khususnya sapi potong di Indonesia.
Sementara itu dalam salah satu sambutan Kepala BBP2TP Dr. Agung Hendriadi, M.Eng menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan semangat yang tertuang dalam tagline Badan Litbang Pertanian yakni Science . Innovation . Networks. kegiatan ekspose dan seminar nasional inovasi peternakan ramah lingkungan selain mengangkat isu global juga mensinergikan berbagai lembaga baik pemerintahan maupun non pemerintahan termasuk perguruan tinggi. Peserta yang hadir dalam ekspose kali ini diperkirakan 1.000 orang yang berasal dari lingkup Badan Litbang Pertanian, penyuluh dari lingkup Bakorluh, SKPD Provinsi, petani binaan lingkup SKPD Pertanian, Balai Besar Pelatihan Pertanian Batang Kaluku, Mahasiswa, STIP Gowa, tokoh masyarakat dan petani, Kelompok Wanita Tani KRPL, dan SKPD lingkup Pertanian Kabupaten/Kota. Adapun penyelenggaraan kegiatan Seminar Nasional kali ini mengangkat tema Akselerasi Inovasi Peternakan Ramah Lingkungan,
Kepala Badan Litbang Pertanian dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Kasdi Subagyono, mengemukakan tentang komitmen kuat Badan Litbang Pertanian dalam penciptaan inovasi berbasis lingkungan. Berbagai inovasi ramah lingkungan yang telah dihasilkan untuk dimplementasikan di lapangan, seperti konsep zero waste dalam pengembangan ternak yang dapat menghasilkan biogas, energi listrik, pupuk organik. Peranan BPTP sebagai ujung tombak Badan Litbang Pertanian di daerah memegang posisi strategis untuk bersinergi dengan stake holder seperti Pemda, Swasta, Perguruan Tinggi untuk mereplikasi inovasi teknologi yang telah dihasilkan.
Ekspose inovasi teknologi peternakan menampilkan produk-produk teknologi seperti teknologi penampungan biogas, pakan murah dari limbah pertanian, pengolahan limbah kotoran ternak menjadi pupuk organik padat (POP) dan pupuk organik cair (POC), pembuatan mikroorganisme lokal (MOL), teknologi pembuatan pestisida nabati, dan pembuatan jamu ternak. Sementara untuk memudahkan petani dalam melihat inovasi suatu teknologi dilakukan peragaan teknologi meliputi: Pola pemeliharaan ternak sistem zero waste (ramah lingkungan), koleksi hijauan makanan ternak, koleksi kebun buah dan sayuran organik, teknologi penggunaan berbagai leguminosa lokal untuk ternak sapi, pembuatan biosuplemen tradisional untuk ternak sapi, teknologi budidaya sayuran, dan teknologi budidaya tanaman pangan (demplot tanaman jagung dan varietas padi lokal unggulan). Kegiatan lain yang tidak kalah menarik adalah Inovasi pupuk organik padat dan cair, pakan ternak dari limbah perkebunan kakao dan kelapa sawit, pembuatan pupuk granular mini, dekomposer pembenah tanah M-Dec, pakan UMB, jamu ternak, Probion, BioAvian, aneka vaksin ternak, dan lain sebagainya. Beberapa media yang disediakan agar pengunjung lebih mudah didalam memahami inovasi teknologi diantaranya melalui berbagai media seperti poster, banner, leaflet, brosur, juknis maupun media elektronik (VCD).(jaslit-bpt).

No comments:

Post a Comment