Friday, May 23, 2014

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Mendapat Telur Ayam Kampung Segar Setiap Hari


Sahabat Saung Ayam Hias Bogor, pada tulisan kali ini saya akan membahas masalah telur. Terutama dalam hal, mungkinkah kita memenuhi kebutuhan konsumsi telur di rumah kita, dengan ayam yang kita pelihara sendiri? Mari simak uraian berikut ini.

Setiap orang, setiap keluarga, setiap harinya pasti selalu menyediakan telur ayam di rumahnya. Jika persediaan telur sudah menipis maka ibu akan segera menambah persediaan, hampir bisa dipastikan di rumah kita selalu tersedia telur ayam untuk dikonsumsi.

Telur Ayam Ras
Dengan melimpahnya telur ayam ras, kita bisa memperoleh telur dengan mudah, kapan pun kita butuhkan, dengan harga terjangkau pula. di warung-warung terdekat, kita bisa memperoleh teklur ayam ras dengan mudah. Namun pernahkah kita berfikir untuk bisa menyediakan kebutuhan telur dari ayam peliharaan sendiri?

Untuk apa repot-repot? Pasti demikian jawabnya. Apalagi yang kita pelihara pasti ayam kampung. Telurnya kecil-kecil, tidak seperti telur ayam ras yang bisa kita peroleh dengan mudah di warung-warung. Memang demikian faktanya. Tapi siapapun jika ditanya, mana lebih baik antara telur ayam kamopung dengan telur ayam Ras? Silahkan anda jawab sendiri.

Mari kita coba hitung-hitungan sederhana, berapa biaya yang kita butuhkan untuk memperoleh sebutir telur ayam kampung. Hitungan ini diasumsikan kita memiliki 10 ekor ayam kampung betina yang sudah bertelur. Biaya pakan untuk 10 ekor ayam perhari katakanlah 1 kg pakan dengan harga Rp, 8.000,-. Produksi telur yg dihasilkan per hari adalah 50% = 5 butir perhari. Maka "harga" telur per butir, 8.000 / 5 = 1.600 rupiah.
Telur Ayam Kampung

Dengan catatan, kita mendapat telur segar setiap hari, dan kalau kita memang seneng memelihara ayam, kita pun mendapat kepuasan tersendiri tentunya. Tapi saya sarankan, jangan terlalu rumit perhitungannya, jangan terlalu menjelimet, nanti pusing sebndiri ...

Barangkali itung-itungan ini hanya buat anda yang senang memelihara ayam di rumah. Atau buat anda yang ingin mencoba kesenangan baru dengan memelihara ayam di rumah.... selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment