Saturday, May 24, 2014

Ayam kampung super
Sahabat Saung Ayam Hias Bogor,  tulisan ini saya kutip sebuah sumber yang saya baca, sebagai satu tulisan sederhana sekedar untuk  menambah pengetahuan.  Untuk mengetahui lebih mendalam silahkan anda klik pada : http://omkicau.com/2013/01/10/bagaimana-mencetak-ayam-kampung-super/

Ayam kampung super  berbeda dari ayam kampung biasa, ayam jenis ini memiliki laju pertumbuhan yang lebih cepat, sehingga bisa dipanen pada umur 50 – 60 hari, dengan bobot badan sekitar 0,8 – 1,0 kg / ekor, sesuai dengan bobot yang diinginkan restoran.

Seperti apakah sebenarnya yang disebut ayam kampung super? Ayam kampung super adalah ayam hasil persilangan antara ayam kampung biasa, ayam cemani, ayam kedu, ayam pelung, ayam nunukan, bahkan ayam bangkok. Tetapi pasti menggunakan ayam ras pedaging atau petelur, untuk mendongkrak performa pertumbuhan keturunannya.
Berbagai cara pembibit “mencetak” ayam kampung super, Salah satu cara terpopular adalah  dengan melakukan persilangan berjenjang dengan menggunakan 3 bahan: ayam kedu, Rhode Island Red, dan White Leghorn. Dua jenis ayam yang disebut terakhir merupakan tipe ayam ras petelur.
Ayam Rhode Island Red Jantan

Rhode Island Red dan White Leghorn yang selama ini digunakan pembibit ayam kamper sesungguhnya hanya final stock, atau DOC yang dipelihara sampai besar. Final stcok pasti bersifat heterozigot. Begitu pula dengan ayam kedu, yang hingga kini belum dilakukan pemurnian galur sehingga selalu heterozigot.
Sebagian pembibit ayam kampung super hanya menggunakan dua bahan saja, yaitu betina ayam kampung dan pejantan ayam ras pedaging (broiler). Jenis ayam pedaging yang bagus dijadikan bahan antara lain Hybro dan Arbor Acres. Sama seperti penjelasan sebelumnya, masyarakat awam hanya bisa memperoleh ayam ras pedaging dalam bentuk final stock saja.
Cara ini memang lebih praktis, karena hanya menggunakan dua bahan, tetapi kelemahannya makin banyak. Misalnya warna bulunya dominan putih, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan model pertama, dan hanya diselingi beberapa warna hitam pada individu lainnya.
Dengan kata lain, ayam kampong super, bukanlah ayam kampong “asli”, karena dalam persilangannya hamper semua menggunakan ayam ras untuk meningkatkan bobot badan atau performa bertelurnya, sesuai dengan tujuan si pembibit.

Demikianlah sekedar informasi yang saya sajikan ke hadapan anda sekalian …

1 comment:

  1. Maaf gan ,,,mau tanya ni ,, dimana ya beli ayam rhode island red

    ReplyDelete