Sunday, May 25, 2014

ayam kampung organik

Sahabat Saung Ayam Hias Bogor, setelah kita membahas ayam kampung super (kamper), kali ini kita coba mengintip … apa sih yang dimaksud dengan ayam Kampung Organik?



Ternyata ayam kampung organik tidak beda jauh dengan ayam kampung biasa. Yang membedakan adalah cara memeliharanya. Mulai dari telur menetas hingga proses pemasaran semua proses dan cara budidayanya adalah organik. Dikatakan organik karena semua proses budidaya ayam tidak menggunakan bahan kima atau obat-obatan yang berbahaya. Sehingga ayam organik sangat rendah lemak, maka cocok untuk anda yang ingin menikmati daging atau karkas ayam dan telur tanpa meninggalkan cara atau pola hidup yang sehat. Ayam kampung organik disebut juga pronic atau ayam kampung probiotik organik.

Keunggulan Ayam Pronic atau Ayam Kampung Organik
1. Serat karkas ayam kampung organik sangat halus sehingga dapat diolah menjadi berbagai olahan yang beraneka ragam
2. Kadar protein sangat tinggi hingga 70% lebih tinggi dari ayam kampung biasa yang hanya sekitar 30%
3. Hasil karkas lebih gurih karena ayam mengkonsumsi bahan biotik dan bebas residu
4. Sangat cocok untuk orang yang menderita penyakit autis
5. Kadar lemak rendah hingga 9%
6. Dari hasil lab. bebas kandungan zat-zat berbahaya seperti : Salmonella thyposa, E-coli, pestisida, zat logam dan lain-lain.
7. Karkas dan telur aman dikonsumsi karena penggunaan herbal dan tanpa bahan kimia berbahaya

Ciri-ciri ayam kampung organik
1. Karkas lebih berwarna kemerah-merahan dan tidak putih
2. Serat lebih kencang dan tidak lembek
3. Lendir karkas hampir tidak ada
4. Pada bagian dada (bila dibuka) akan tampak lebih cerah dan tidak hambar saat dimasak

Sumber : http://www.ternakayamkampung.com/2012/07/ayam-kampung-organik.html
Dari sumber yang lain dikatakan bahwa, daging ayam kampung organik dihasilkan dari budidaya ayam kampung dengan metode pengembangbiakan dilepas bebas di alam.

Selain rasanya yang lebih gurih, daging ayam kampung organik lebih tinggi kadar proteinnya, namun rendah lemak. Daging ayam kampung organik bebas kandungan zat-zat berbahaya karena budidayanya yang menempatkan pengembangbiakannya di alam bebas sehingga ayam mengkonsumsi jenis pakan yang tersedia di alam. Lewat nutrisi alami yang terbentuk secara alami dari daging ayam tersebut, daging ayam organik diyakini sebagai pengobatan penyakit autis

Adapun ciri-ciri ayam organic adalah, 1. Warna daging memiliki warna putih keabuan dan cerah, warna kulit ayam putih kekuningan-kuningan dan bersih. 2. Tekstur daging terasa lembut, elastis dan tidak lengket jika disentuh 3. Aroma daging tidak menyengat, tidak berbau amis, dan tidak berbau busuk.

Daging ayam kampung organic yang disimpan dalam lemari es dengan suhu 2-4 derajat celcius mampu mempertahankan cita rasanya hingga 5 hari penyimpanan. Jika sebelumnya disimpan dalam lemari es, diamkan daging selama kurang lebih satu jam untuk mencairkan es yang menempel pada daging, kemudian cuci daging ayam dengan air sampai bersih, usahakan menggunakan air yang mengalir agar kotoran langsung terbuang. Daging ayam yang akan diolah menjadi masakan ayam jenis apapun harus dipastikan dimasak dalam keadaan matang sempurna, yaitu diatas suhu 80 derajat celcius, dimana virus flu burung telah mati dalam keadaan suhu tersebut sehingga aman untuk dikonsumsi. Jaga suhu api di 150-170 derajat celcius untuk menghasilkan kenikmatan daging ayam yang sempurna



Demikkian Sahabat Saung Ayam Hias Bogor, sekedar untuk menambah pengetahuan kita semua, semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment