Friday, May 9, 2014

Peran Sosial Media dalam Wira Usaha

Usaha bidang apapun, untuk sekedar memproduksi saja relatif tidak ada masalah. Katakanlah, setelah kita kuasai proses produksinya, kita kenali bahan-bahannya, dan sebaginya, kita sudah dapat menghasilkan suatu produk. Tapi apa gunanya produk yang kita hasilkan kalau tidak bisa kita pasarkan dengan baik. Padahal tujuan kita menghasilkan suatu prduk adalah untuk memperoleh hasil dari penjualan produk tersebut.

Salah satu aspek dari pemasaran adalah bagaimana caranya supaya produk kita dikenal sebanyak mungkin orang. Salah satu caranya adalah dengan memajang produk kita di etalase toko, bagi yang punya toko atau kios. 

Bagaimana halnya dengan yang tidak memiliki toko atau kios? Sekarang tidak perlu bingung lagi. Dengan adanya sosial media seperti Facebook, Twitter, atau bahkan dengan membuat sebuah Blog, kita dapat memperkenalkan "toko" atau "kios" kita melalui saran itu semua. di dalamnya kita juga dapat "memajang" produk kita, lengkap dengan deskripsi seperlunya.

Itulah pengalaman yang mau saya ceritakan pada tulisan ini. saya memulai "usaha" ayam hias ini seiring dengan saya mulai membuat Facebook dan Blog. Karena saya tidak punya kios, apalagi toko, maka sarana sosial media inilah yang saya manfaatkan secara maksimal untuk memperkenalkan "usaha" saya.

Kenapa saya beri tanda petik pada perkataan "usaha"? Karena sebenarnya kegiatan yang saya lakukan bukan merupakan kegiatan usaha yang sebenarnya. Tetapi lebih kepada kegiatan dalam rangka mengisi ruang dan waktu yang ada. Lebih kepada memanfaatkan ruang, waktu, dan kemampuan yang saya miliki. Sehingga dalam kegiatan ini saya sangat membatasi diri, supaya dengan adanya kegiatan yang sejatinya untuk sekedar hiburan di hari tua, malah ujungnya menjadi beban.

Tetapi rupanya tulisan-tulisan saya di Blog, posting-posting saya di FB cukup menarik minat banyak orang sehingga setiap harinya banyak yang "berkunjung" ke FB saya untuk sekedar "melihat-lihat" atau menyatakan "suka", atau juga sekedar menanyakan harga dan jenis ayam yang saya miliki, juga banyak yang "mampir" ke Blog Saung Ayam Hias yang saya kelola. Keduanya menjadi ibarat etalase toko saya yang setiap hari ramai dikunjungi oleh peminat. 

Bukan itu saja! bahkan Tabloid Peluang Usaha sempat datang untuk meliput kegiatan di Saung Ayam Hias Bogor. Mbak Rizkika dari Trubus pun sempat mampir ke tempat saya. Demikian juga pak Aulia dari Majalah Poultry Indonesia. Tentu saja ulasan mereka membikin Saung Ayam Hias Bogor menjadi semakin dikenal.


Ulasan dalam Majalah Trubus No.534 Bulan Mei 2014

Tulisan dalam Tabloid Peluang Usaha 
Edisi 13 - Th IX - 11-24 April 2014

Hasilnya antara lain adalah kontak dari Aceh, dari Medan, dari Jember, dan beberapa yang lainnya. Mereka tertarik dengan kegiatan "usaha" saya. Ada juga yang ingin membeli beberapa pasang indukan ayam hias untuk mereka kembangkan. Luar biasa kan?

bahkan foto saya pun ditampilkan ...
Tulisan di Tabloid Peluang Usaha  

Seandainya saya masih "muda" tentu berbagai respon tersebut akan saya sambut dengan suka cita. Terbuka kesempatan untuk memperluas kegiatan ini menjadi "lebih besar". Tetapi, seperti yang saya katakan di atas, kegiatan yang saya lakukan ini hanya sekedar "hiburan" untuk mengisi dan meanfaatkan ruang dan waktu yang saya miliki. Oleh sebab itu, kalau para sahabat berkunjung ke tempat saya, yaa...  hanya sebegitulah adanya.

Namun jangan dikira ... ini cukup luar biasa. Hanya dengan sekedar kegiatan, dan tidak perlu keluar rumah,. bahkan tidak perlu "menunggui toko atau kios", dalam seminggu ada saja pembeli yang datang. HP saya kadang cukup sibuk menerima panggilan atau SMS dari pelanggan. Walaupun, adakalanya dalam seminggu tidak ada satu pun pelanggan yang datang. Begitulah sifatnya "usaha" yang bidangnya untuk memenuhi kebutuhan sekunder.

Sahabat Saung Ayam Hias Bogor, barangkali itulah hebatnya peran sosial media yang ada saat ini yang dapat saya ceritakan kepada anda untuk sekedar berbagi pengalaman.

Sampai ketemu lagi pada tulisan berikutnya. 

Kunjungi juga :
https://www.facebook.com/abbijajasumarja 
https://www.facebook.com/pages/Saung-Ayam-Hias-Bogor/304007309635031?ref=hl



No comments:

Post a Comment