Friday, July 12, 2013

SEXING / PENENTUAN JENIS KELAMIN PADA DOC (Day Old Chicken)


Sahabat Saung Ayam Hias Bogor, berdasar penelusuran di embah Google, ternyata ada banyak cara untuk menentukan jenis kelami anak ayam sehari atau DOC (day Old Chiken). Namun saya saya kutip di sini adalah cara yang saya anggap paling mungkin untuk dicoba oleh kawan-kawan peternak ayam hias, yaitu cara yang dikenal dengan Feather sexing alias penentuan jenis kelamin dengan cara melihat ujung bulu saya pada DOC.
Teorinya adalah, bulu sayap anak ayam betina lebih cepat tumbuh dibanding dengan bulu sayap anak ayam jantan.

Jika bulu bulu pada ujung sayap memperlihatkan panjang bulu yang SAMA antara bulu primer & sekunder, maka DOC tersebut adalah JANTAN (gambar sebelah kiri).  

Apabila bulu bulu pada ujung sayap memperlihatkan panjang bulu yang TIDAK SAMA antara bulu primer & sekunder, maka DOC tersebut adalah BETINA (gambar sebelah kanan).

Bulu Primer adalah jajaran bulu utama sayap (ukurannya terbesar) sedang bulu Sekunder adalah jajaran bulu diatas bulu Primer
Cara lain  adalah dengan  melihat warna bulu. Biasaya ayam yang berwarna mencolok akan menjadi pejantan. Itu sebabnya pejantan mempunyai warna yang beragam dari betina untuk menarik pasangannya. hanya dengan cara ini kita harus menunggu sampai tumbuh bulu secara penuh.
Demikian informasi yang bisa saya berikan, ayo kita sama-sama mencobanya ...

http://www.ternakayamkampung.com

No comments:

Post a Comment