Sunday, July 14, 2013

Ayam Mutiara (Guinea Fowl)



Sahabat saung ayam hias bogor, satwa  indah yang satu ini berasal dari daratan Afrika dan banyak menghuni Savana dan semak belukar secara berkelompok. Di habitat aslinya, unggas yang bertanduk ini memakan serangga dan daun-daunan. Dan hebatnya lagi, unggas yang biasa dipanggil ayam mutiara ini bisa digunakan sebagai semacam “watch dog” karena ia akan mengeluarkan suara yang keras dan berisik apabila ada hewan/orang asing memasuki kawasannya. Tapi hati-hati, ayam mutiara ini bisa terbang, namun ia lebih suka tinggal dan bertelur di atas tanah.

Bagaimana membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya? Mengingat bentuk tubuhnya yang hampir sama, untuk membedakannya kitab bisa melihat dari bentuk tanduknya. Ayam mutiara jantan memiliki tanduk yang lebih besar dan arahnya tegak ke atas. Sedangkan tanduk mutiara betina arahnya membengkok ke belakang. 

Ayam Mutiara juga dikenal memiliki sifat sangat setia pada pasangannya, sehingga apabila pasangannya mati maka ia akan stres dan dalam waktu akan mati juga. Meskipun lebih sering hidup berpasangan, adakalanya seekor jantan bisa memiliki dua ekor betina.

Ayam mutiara ini bertelor satu periode sekali dalam satu tahun, biasanya antara bulan April sampai dengan Agustus. Selama periodenya, satu betina mampu bertelur sampai 60 butir.


Demikian informasi yang saya berikan kepada anda, semoga bermanfaat.

sumber : http://beguron.blogspot.com 

0 comments:

Post a Comment