Saturday, December 6, 2014

Ceker ayam, apa manfaatnya bagi kesehatan?


Sahabat Saung Ayam Hias Bogor,
Ada pemahaman yang “dulu” sering dikatakan oleh orang-orang tua, “kalau makan ceker ayam nanti tulisan kamu jadi jelek”. Entah apa alasannya? Yang pasti ketersediaan ceker ayam pada waktu itu barangkali sangat terbatas. Bayangkan kalau kita potong ayam satu ekor untuk disantap bersama keluarga, cekernya kan Cuma dua. Sedang yang ngincernya beberapa orang, maka supaya gak berebut dibilanglah begitu.

Makanan yang gurih dan bertekstur lembut ini memang enak rasanya. Lantas apa saja yang terkandung dalam sang ceker ini yang bermanfaat bagi kesehatan? Dalam kaki ayam terdapat kulit, otot, tulang dan kolagen. Kolagen adalah protein jaringan ikat bening kekuning – kuningan yang jika terkena panas akan mencair dan mengental. Fungsinya bagi kesehatan antara lain baik untuk pertumbuhan anak, dan juga berguna sebagai obat penyakit rematik.

Dan orang yang terkena penyakit hipertensi juga dianjurkan untuk mengkonsumsinya, karena kandungan kolagen pada ceker ayam ini juga mampu menurunkan kadar renin dalam plasma sehingga tidak menyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Kemudian Kandungan hydroxyapatiteh atau zat yang komponennya sama dengan komponen tulang ini merupakan makanan untuk tulang yang berfungsi untuk mencegah penyakit osteoporosis.
Zat – zat lainnya adalah asam amino yang mampu membantu memperbaiki jaringan pada tubuh dan membentuk sel – sel baru, kalsium, dan kartilago yang berfungsi untuk melapisi persendian, juga glukosamin dan kondroitin yang bisa meringankan gejala sendi atau ostepoarhitis.

Demikian sahabat saung ayam hias bogor, selintas kilas tentang ceker ayam. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment